Monday, November 28, 2022

MIXUE Ada Seribu Cabang di Indonesia, Benarkah? Benar!

 

MIXUE Surabaya

Update Januari 2023
MIXUE sudah merayakan kedai ke-1000, dan akan terus bertambah tiap hari dengan banyaknya permintaan untuk pembukaan kedai baru MIXUE di Indonesia, ada slentingan, kedai ke-1000 MIXUE ada di Kediri, Jawa Timur.
Dengan adanya cabang ke-1000, MIXUE mengadakan banyak promo di kedainya.

Kalian masih berantem soal pengucapan MIXUE gak?
Atau masih bener-bener nggak tahu gimana bilang MIXUE yang bener?

Sedikit penjelasan soal pengucapan MIXUE yang bener adalah MI-SYUE, jadi MI itu artinya manis, XUE artinya dingin, jadi arti MI-SYUE ini manis dan dingin, kalo manis dan sedap itu disini

tau gak kalo cabang MIXUE di dunia ini ada lebih dari 10.000 iya Sepuluh Ribu cabang, jadi di Indonesia ada berapa?

Dari banyaknya cabang MIXUE di Indonesia, berapa sih biaya buat buka satu gerai es krim dan teh viral ini?

Emang pernah ke MIXUE hen? Pernah dong! Ngapain kalo gak pernah kesana bisa punya buah pikiran kayak gini, punya pikiran buat buka gerai MIXUE? Bukan, mau kelola parkirnya aja sih.

MIXUE terdekat ama tempat bernaung itu MIXUE Tidar, Surabaya. Gak usah Googling juga, pasti ada yang lebih deket dari rumahmu, ya gak?

MIXUE itu cuma gerai sederhana, what happen in that place is just stop in upper picture, setelah itu urusan masing-masing udah. Sesimple itu juga pusatnya kala di tahun 1997 beroperasi, MIXUE pertama kali ada di kota Zhengzhou, Henan. Pendirinya Zhang Hongchao yang kala itu cuma mikir secara sederhana, es krim yang ditujukan untuk konsumen kelas menengah bawah. Dengan pemikiran tersebut dan juga (we know) banyak penduduk China sebagai konsumennya bikin dia akhirnya mendirikan banyak cabang dimana-mana.


Jadi selama 25 tahun perjalanannnya, MIXUE telah melahirkan lebih dari 10.000 gerai yang dikelola mandiri banyak orang, dan saking sederhananya MIXUE membebaskan bea franchise/tidak membebankan banyak banget biaya langganan. Ini yang menjadi stimulan banyaknya gerai MIXUE untuk ekspansi ke tiap jalan, bahkan mungkin gang di tiap kota besar maupun kota kecil bahkan pedesaan yang masih mampu untuk membeli es krim segede itu dengan 8.000 Rupiah sudah termasuk pajak, how we cant imagine that thing happen?



Ya siapa yang gak seneng dengan harga kurang dari 10ribu aja udah dapet es krim yang bisa dinikmati, dan yang penting rasanya masih masuk diakal banget, mungkin dengan racikan mereka sendiri jadikan MIXUE ini bener2 sugar addict yang bisa juga buat nongkrong atau kumpul keluarga kecil, yang datang cuma mau nikmati eskrim tanpa embel2 lainnya lagi. BTW, iya es krim dan juga es teh aku belum coba es tehnya, kapan-kapan aja, jadi gak akan takbahas banyak soal es tehnya ya)


Butuh perjuangan buat ngabisinnya, iya banget buat yang sat set gak pengen ice cream drip melted on my hand. Aku coba untuk minta sendok buat aku bisa nikmatin cone tanpa harus mangap nyaplokin tuh es krim atau jilat-jilat manjah ternyata ditolak, karena hitungannya udah pas banget, kata mbak-mbak kounternya sih. tengsin sih iya banget, so jadi ngerti kek gimana MIXUE kelola semua sampe segitunya.




Untuk yang atas tuh Chocolate Lucky Sundae dan yang bawah Boba Sundae (16K each), es krimnya sama, cuma yang pertama sih kyak jelly dan ditambah pasta coklat, untuk Boba sundae cuma boba dan juga semacam gula aren di bawahnya, just it, selebihnya sama, kalo yang cone 8ribuan ada dua pilihan strawberry dan juga vanilla, hanya itu.

nikmati di tempat yang lumayan enak buat nonkrong bentar chit-chat, cuma ada meja bundar dan beberapa kursi di indoor, area outdoor juga sama sih, hight table dan kursi doang, dan di MIXUE jangan pernah tinggalkan bekas apa yang kita makan dan minum, it take more responsibility to clean our messy things in MIXUE, buang ke tempat sampah yang disediakan udah mandatory sign yang ada di tiap meja, baik sih sekaligus buat pembelajaran konsumen kita yang kadangkala sering bossy banget kalau di tempat makan.

Jadi MIXUE gak nganggarin apapun yang extra, jadi apa yang udah terjadi di counter ya sudah terjadilah, mungkin sedikit adjustment ama pegawai di meja yang gak sengaja ditinggalin dalam keadaan berantakan, tapi kyaknya udah berhasil sih, beberapa keluarga dan yang nongkrong disana udah aware buat buang sampahnya sendiri sebelm beranjak pulang.

Jadi BERAPA DUIT HARUS DIKELUARKAN UNTUK BIKIN MIXUE DI GANG RUMAH KITA?

  • Biaya Survey : Rp. 2 Juta
  • Manajemen Per Tahun : Rp. 24 Juta
  • Deposit : Rp. 40 Juta
  • Biaya Pelatihan : Rp. 3 Juta
  • Peralatan : Rp. 170 Juta
  • Bahan Baku Gelombang Pertama : Rp. 100 Juta
Ini perhitungan kasar untuk MIXUE, belum tempat dan dekor sesuai standar manajemen MIXUE tentunya, perijinan legal dan lain sebagainya juga belum dihitung ya, termasuk kepegawaian. Soal tempat ya ada minimum requirement juga tentunya, dan paling utama adalah ketersediaan listrik sebesar 33Kwatt buat nunjang mesin MIXUE tentunya. Murah bukan?

Artikel ini bukan untuk promosi franchise MIXUE, hanya pengen nulis aja biar nggak sumpek-sumpek banget di tahun 2023 nanti.


1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...